cool hit counter

PDM Kota Tarakan - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kota Tarakan
.: Home > Berita > PERINGATI HUT RI KWARDA GK-HW TARAKAN LAKUKAN REKRUTMEN DEWAN SUGHLI

Homepage

PERINGATI HUT RI KWARDA GK-HW TARAKAN LAKUKAN REKRUTMEN DEWAN SUGHLI

Senin, 20-08-2017
Dibaca: 109

KWARDA HW TARAKAN, - Memeriahkan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 72, Kwartir Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kota Tarakan (KWARDA GK-HW TARAKAN) mengadakan beberapa kegiatan yang diantaranya : Upacara Pengibaran Bendera Hari Kemerdekaan, Rekrutmen Anggota Dewan Sughli Daerah (DSD) dan Pelantikan Anggota Dewan Pengenal. Kegiatan tersebut di laksanakan secara serentak pada tanggal 18 s.d. 20 Agustus 2017 di Kompleks Perguruan Muhammadiyah Ladang Tarakan. Asnawir, SE., M.Pd selaku Ketua Kwarda GK-HW Tarakan mengatakan Kegiatan HW ini merupakan kegiatan baru pertama kali dilaksanakan pasca terbentuknya Kwarda Tarakan. “Rekrutmen anggota DSD merupakan kebutuhan mendesak yang harus dilakukan saat ini mengingat antusias keaktifan kepanduan HW di semua amal usaha pendidikan Muhammadiyah” ungkap Kepala SMP Muhammadiyah 2 Tarakan ini.

 

Untuk diketahui bersama pada rekrutmen anggota DSD kali ini diikuti oleh 22 orang peserta dari utusan Dewan Kerabat Qobilah BUYA HAMKA – SMA Muhammadiyah Tarakan. Sebelum penilaian kelayakan menjadi anggota DSD, maka Kwarda memberikan materi materi kepanduan dan langsung menguji kompetensi pengetahuan, selanjutanya dilaksanakan juga uji kelayakan sikap dan akhlak serta tim pelatih memantau secara langsung kegiatan ibadah peserta. “kita tidak secara otomatis langsung menerima peserta menjadi anggota resmi DSD, tapi perlu dilakukan uji kelayakan. Hal ini dikarenakan DSD merupakan tulang punggung sekaligus ujung tombak dari kegiatan kwarda dan pembinaan serta pengembangan kepanduan HW di Tarakan khususnya di sekolah – sekolah Muhammadiyah” tambahnya.

 

Selain kegiatan rekrutmen anggota DSD, Kwarda HW bekerjasama dengan Qobilah SMP MUDA Tarakan mengadakan PERSADA (Perkemahan Sabtu Ahad) dalam rangka Pelantikan Anggota Dewan Pengenal Qobilah SMP MUDA Tarakan. Dalam kegiatan PERSADA kali ini diikuti oleh seluruh Pandu Pengenal di SMP Muh. 2 Tarakan sebanyak 115 peserta didik. “memang sudah menjadi rutinitas dilaksanakan pelantikan anggota dewan pengenal pasca penerimaan peserta didik baru. Hal ini dikarenakan Kurikulum Pendidikan di SMP MUDA mewajibkan semua peserta didik kelas 7 mengikuti Kepanduan HW bahkan menjadi salah satu persyaratan kenaikan kelas” ungkap Dwi Amin Muzayyatin, S.Pd selaku Ketua Qobilah GK HW SMP MUDA Tarakan.

 

Kegiatan PERSADA tidak hanya melantik namun juga diberikan beberapa materi dari Ramanda dan Ibunda Kwarda HW Tarakan seperti kegiatan Out Bound, Bagaimana Membuat Yel Yel dalam satu regu, Memasang Tenda, dan hal – hal lain yang berkaitan dengan materi materi outdoor. “Yang menjadi menarik dalam kegiatan PERSADA Tahun ini adalah antusias peserta didik dimana peserta didik begitu mudah membuat yel yel dan memasang tenda mereka” tambah Wakasek Kurikulum SMP MUDA ini.

 

“Kami berharap dengan kegiatan ini, peserta didik dapat menjaga semangatnya sampai selesai kegiatan dan tidak ada yang sakit. Dan juga berterima kasih kepada orang tua peserta didik yang telah mengizinkan anaknya untuk mengikuti kegiatan PERSADA” tutup Guru PKN ini.


Tags: PDMTARAKAN KWARDAHW KOTATARAKAN
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website